logo
Jumat, 25 Jan 2019 14:44

Pakai Motor Kopling? Wajib Perhatikan Hal ini

Pakai Motor Kopling? Wajib Perhatikan Hal ini

Motor bertransmisi manual atau yang menggunakan kopling, memiliki cara tersendiri dalam perawatannya. Berbeda dengan motor bebek atau motor matic, bro. Ada empat hal penting yang wajib diperhatikan oleh pengguna motor kopling agar performa tetap maksimal dan tidak was-was saat di jalan.

1. Oli Mesin

Oli mesin memiliki fungsi yang sangat vital dalam proses bekerja sebuah mesin sepeda motor. Pasalnya, oli mampu memberikan lapisan dalam mesin saat sedang bekerja. Sehingga, membuat kinerja mesin menjadi halus, tidak berat, dan tidak cepat panas. Penggantian oli sebaiknya dilakukan setiap 2.000 km.

2. Kampas Kopling

Tidak hanya rutin mengganti oli mesin, sobat juga wajib untuk mengecek kondisi kampas kopling. Kampas kopling yang bermasalah bisa mengganggu performa mesin, khususnya saat melakukan perpindahan gigi. Jika kampas kopling sudah aus atau terkikis, sebaiknya lekas diganti.

3. Kabel Kopling

Pernah mengalami tarikan kabel kopling terasa berat? Hal ini wajar terjadi jika kabel kopling pada motor kesayangan sobat kondisinya kering, kotor, atau sudah tidak terlumasi dengan baik. Untuk mengatasinya, cukup tuangkan pelumas anti karat ke dalam kabel kopling lewat tuas handle.

4. Bahan Bakar

Kualitas bahan bakar juga tidak kalah penting dalam merawat sepeda motor bertransmisi manual atau motor kopling. Bahan bakar dengan oktan tinggi memang dianjurkan untuk dipakai di motor. Namun, perlu diingat juga bahwa tidak semua motor bisa menggunakannya, karena beresiko mesin cepat panas, tergantung dari kompresi mesinnya.


Pencarian

WEBSITE AHC

Ikuti

SOCIAL MEDIA

Facebook Page

facebook.com/AHCnetwork