logo
Senin, 26 Aug 2019 10:12

Honda CBR1000SP, Adopsi Teknologi MotoGP

Honda CBR1000SP, Adopsi Teknologi MotoGP

 

Di kelas big bike premium PT Astra Honda Motor (AHM) punya Honda CBR1000SP. Motor ini merupakan generasi keduabelas dari motor sport legendaris Honda.

Generasi baru Honda CBR1000SP ini merupakan penerus Honda CBR1000RR Fireblade yang dirilis pada 2014 lalu.

Secara garis besar, semua Honda CBR1000RR 2017 berubah total baik segi desain, mesin, chassis, dan suspensi.

Desain

Honda meracik moge barunya ini dengan sistem aerodinamis sempurna dan tetap memperhatikan sisi ergonominya.

Nampak depan, Honda CBR1000SP terlihat gagah dengan desain Dual Keen Eyes pada headlight-nya. Lampu utama pada motor ini juga menggunakan proyektor LED.

Selain itu, Honda juga menempatkan lampu sein pada kedua kaca spion Honda CBR1000SP yang akan membuatnya nampak stylish.

Bergerak ke bagian samping, desain fairing yang menutup tubuh CBR1000SP pun juga dirancang dengan bentuk yang menyesuaikan dengan lekuk bodinya.

Semakin sporty berkat penggunaan setang model jepit berjenis Under Yorke. Kesan sporty juga nampak pada spesifikasi Honda CBR1000SP di bagian buritan dengan model tail dan lampu belakang runcing dan minimalis.

Mesin

Honda CBR1000RR yang telah terbukti kegarangannya. Pada bagian mesin Honda CBR1000SP, Honda masih mengandalkan mesin 4-stroke DOHC in line 16 katup.

Mesin ini memiliki kubikasi 999,8 cc dengan sistem pendingin cairan.

Mesin pada Honda CBR1000SP ini mampu memuntahkan tenaga sebesar 133 kW pada putaran mesin 12.250 rpm serta bisa menghasilkan torsi maksimum mencapai 114 Nm pada 10.500 rpm. Kompresinya 13:1.

Honda juga membekali mesin Honda CBR1000RR SP ini dengan teknologi PGM-DSFI Electronic Fuel Injection yang akan membuat pembakaran di dalamnya menjadi lebih sempurna.

Penggunaan 2 injector di setiap silindernya diyakini mampu memberikan tenaga baik pada putaran bawah maupun atas.

Teknologi Throttle By Wire juga jadi andalan motor ini, dimana pengendara bisa memilih riding mode.

Performa

Mesin baru melepaskan tenaga lebih besar dari generasi sebelumnya yakni sekitar 10 HP.

Bobot total yang lebih ringan 15 kg tentu akan membuat power to weight ratio menjadi lebih tinggi.

“Kau tahu aku benar-benar menikmatinya. Itu menyenangkan karena motor terasa ringan, benar-benar gesit, rasanya seperti race bike," kata Nicky Hayden yang sudah mencoba motor ini waktu baru keluar.

Performa juga didukung dengan paket elektronik terbaru seperti Ohlins Electronic Control, Honda Selectable Torque Control, Selectable Engine Brake & Power settings, Quickshifter, Downshift Assist.


Pencarian

WEBSITE AHC

Ikuti

SOCIAL MEDIA

Facebook Page

facebook.com/AHCnetwork